Minggu, 12 Agustus 2012

merawat mukena supaya lebih awet

 
Ini Tips Rawat Mukena Agar Awet
Saat ini, banyak mukena cantik dengan beragam motif dijual di pasaran. Harga pakaian shalat ini pun bisa menandingi harga busana Muslim lainnya. Maka itu, mukena pun harus dirawat agar awet dan tahan lama.
Berikut ini adalah tips mencuci mukena.
1. Bagian kepala mukena cenderung lembap karena sering terkena basahan air wudhu dari. Gantung mukena dengan hanger setelah digunakan agar tetap kering terkena angin.
2. Hindari mencuci mukena dengan menggunakan mesin cuci. Anda cukup merendam mukena ke dalam air hangat yang dicampur sedikit deterjen. Khusus untuk mukena bermotif, hindari penggunaan pemutih agar warna motif tetap mengilat.
3. Setelah dicuci, mukena cukup diangin-anginkan. Tidak disarankan menjemur mukena secara langsung di bawah sinar Matahari. Hal ini untuk menghindari memudarnya warna dan motif pada mukena.
4. Hindari memeras mukena setelah proses pencucian. Terlebih, mukena yang memiliki bordir atau payet. Mukena bisa langsung dijemur dan diangin-anginkan.
5. Setelah kering, setrikalah mukena dengan derajat panas yang sedang agar mukena tidak mudah rapuh.
6. Setelah semua proses selesai, simpan mukena di tempat yang kering dan lipat dengan posisi yang rapi. Mukena Anda siap digunakan kembali.


1 komentar:

  1. betul...kalau sehabis pakai, mukena gak dihanger bisa terkena serangan jamur. :)

    BalasHapus