Sabtu, 04 Agustus 2012

busana kaftan idul fitri


Pada hari raya setahun yang lalu, model busana muslim kaftan sempat menjadi tren sehingga banyak diminati masyarakat. Terlebih lagi setelah artis Syahrini menggunakannya, sampai-sampai ada sebutan 'kaftan Syahrini'.

Namun untuk tahun 2012, para desainer dan kritikus mode Indonesia mengatakan bahwa kaftan sudah 'out of date' alias tidak lagi jadi tren. Oleh karena itu, simaklah beberapa pilihan busana yang dapat dijadikan alternatif pengganti kaftan untuk dipakai saat lebaran nanti.
1. Tunik
Atasan model tunik khas timur tengah kini dapat dijadikan insipirasi untuk baju lebaran tahun ini. Anda bisa memilih atasan tunik berpayet yang terkesan mewah untuk acara formal atau tunik lengan pendek ketika sholat ied.














3. Rok Maxi
Sama dengan maxi dress, rok maxi akan memberi kesan feminim pada pemakainya. Namun Anda bisa lebih berkreasi dengan rok satu ini. Gunakan atasan, blus atau kemeja dengan bahan polos jika rok maxi Anda sudah penuh motif. Atau bisa juga menambahkan jaket untuk lebih memaksimalkan penampilan Anda di hari raya.













4. Celana Harem
Celana ala timur tengah atau celana harem kini kembali menjadi tren. Anda bisa menjatuhkan pilihan pada celana harem ini jika Anda ingin tampil santai namun tetap stylish pada hari raya. Jangan ragu juga untuk bermain motif seperti motif tribal atau floral dan gunakan atasan berwarna netral seperti putih, hitam, atau krem agar tidak terlihat berlebihan.












5. Jaket Panjang
Jaket model panjang atau coat adalah pilihan lainnya untuk terlihat stylish ketika hari raya. Pilih bahan jaket yang ringan agar membuat Anda tetap nyaman walau harus mengunjungi sanak saudara. Padukan jaket panjang bersama terusan midi atau celana pensil, Anda pun siap tampil gaya saat lebaran.











6. Boho Dress
Terusan ini memiliki potongan yang hampir sama dengan kaftan, namun memiliki sentuhan yang begitu berbeda. Permainan motif navajo, tribal atau abstrak jadikan penampilan berbeda dari biasanya. Kesan etnik pun begitu terasa ketika Anda memadukan terusan ini dengan kalung yang terbuat dari kayu atau bebatuan besar.











7. Baju Kurung
Busana adat para masyarakat Melayu ini bisa dijadikan pilihan untuk dikenakan saat hari raya. Biasanya baju kurung dikenakan dengan kain songket atau kain batik, tetapi Anda bisa mengenakannya bersama celana agar lebih nyaman. Bentuk kerah baju yang oval, bisa menjadi alasan Anda untuk mengenakan kalung chungky bermaterial mutiara dan rantai.











8. Gamis
Saat mendengar busana yang satu ini, yang terbayang dipikiran Anda mungkin adalah baju muslim ala ibu-ibu pengajian. Tetapi belakangan ini, gamis hadir lebih modern dengan permainan detail kristal serta payet di sana-sini. Hindari memilih bahan berat seperti tafeta ata thai silk. Sebagai gantinya, pilih baju kurung berbahan katun atau sifon.





1 komentar: