Jumat, 10 Agustus 2012

trend batik modern corak tradisional

Batik Modern Corak Tradisional
Batik modern adalah salah satu jenis batik yang saat ini tengah berkembang di dunia fashion Indonesia. Dengan mengedepankan aspek modernitas yang kuat, batik jenis ini tetap menghadirkan corak tradisional dari batik yang memiliki kesan tradisional.
Kehadiran batik dalam dunia fashion di Indonesia menjadi sangat penting. Batik merupakan kekayaan budaya bangsa yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia. Dengan adanya beragam model pakaian batik mulai dari kemeja batik, gaun batik, rok batik, dan bentuk pakaian batik lainnya, masyarakat Indonesia akan lebih sering memakai batik ke segala kondisi dan meningkatkan kecintaannya terhadap batik. Adapun batik yang bernuansa modern sendiri merupakan jenis model batik yang digemari khususnya bagi kalangan anak muda. Dengan hadirnya batik yang modern, kalangan muda kini tak segan lagi memakainya ke acara formal maupun non formal dan ikut mengenalkan batik ke dunia Internasional. Batik modern merupakan jenis batik yang efektif meningkatkan minat masyarakat untuk memakai batik tanpa takut merasa ketinggalan zaman.
Batik modern terdiri atas banyak corak dan warna. Motifnya yang mengadopsi budaya modern menghadirkan bentuk-bentuk baru. Adapun bentuk-bentuk yang dimaksud contohnya yaitu bentuk gambar hewan, bunga, dan bentuk lainnya. Motif-motif batik yang modern tersebut tentu saja menarik perhatian bagi kalangan muda yang aktif untuk memakainya. Tak hanya motif, kesan modern juga terpancar dari jenis model pakaian batik yang modern. Contohnya saja lahirnya gaun batik. Sentuhan batik pada model pakaian gaun memberikan alternatif pilihan bagi para wanita yang dinamis saat pergi ke acara-acara pesta formal. Selain itu, disahkannya batik Indonesia sebagai khasanah budaya asli Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNICEF meningkatkan minat masyarakat terhadap batik dan juga meningkatkan jumlah usaha batik di Indonesia yang kebanyakan memasarkan jenis batik yang modern. Hadirnya batik modern di Indonesia dalam hal ini juga ikut berperan serta mengembangkan usaha kecil dan menengah masyarakat di bidang penjualan kain batik dan pakaian batik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar